Profile

SEMESTA  LANGIT  BIRU  FOUNDATION

Logo Yayasan

YAYASAN SEMESTA LANGIT BIRU

&

SEKOLAH MERDEKA

Yayasan Semesta Langit Biru berawal dari berbagai kegiatan pembelajaran di masyarakat yang dilakukan sukarela dan sendiri-sendiri di sekitar tempat tinggal masing-masing oleh beberapa orang   yang akhirnya mendirikan yayasan ini .

Kebutuhan masyarakat begitu besar akan munculnya kepeloporan,bahwa suatu kemajuan harus ada yang merintis dan memulai. Diperlukan juga suatu wadah yang bisa merencanakan, menggagas,mengkoordinasikan serta memikirkan keberlangsungan program-program pembinaan masyarakat yang telah dirintis. Demikian juga dalam proses peningkatan mutu serta mengembangkan kegiatan-kegiatan tersebut, sangat penting untuk digalang kebersamaan dan keikut sertaan seluruh stakeholder kemajuan masyarakat. Untuk itu, dengan memohon Ridla Ilahi maka didirikanlah Yayasan Semesta Langit Biru.

Visi Yayasan Semesta Langit Biru untuk menjadi pelopor kemajuan yang harmonis, memberikan ruang yang luas bagi masyarakat untuk menggunakan wadah ini sebagai lahan amal dan bakti. Kebersamaan, peran aktif, partisipasi dan dukungan dari segenap elemen masyarakat dalam program-program yang dilaksanakan akan menjadi kontribusi yang bermakna dalam persaudaraan dan kemanusiaan.

Misi yang diemban Yayasan Semesta Langit Biru adalah  melaksanakan dan mengembangkan kepeloporan dalam bidang pendidikan, sosial dan lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi serta seni dan budaya , dengan senantiasa mengusahakan kemajuan bidang-bidang yang dipelopori secara berkelanjutan, serta selalu menjaga harmonisasi dalam kehidupan manusia .

Keberadaan sumber daya manusia bidang pendidikan menjadi penyemangat bagi Yayasan Semesta Langit Biru untuk menggulirkan sekolah berbagi yang tumbuh bersama Al Quran.  Sekolah yang digulirkan diharapkan akan menjadi sebuah wahana yang aspiratif, kreatif , inovatif, aplikatif, solutif dan inspiratif bagi permasalahan masyarakat menggagas perubahan untuk kemajuan masyarakat.

I. LATAR BELAKANG

Masyarakat yang kurang mampu senantiasa mengalami berbagai problem kehidupan yang rumit.  Kelemahan ekonomi menjadi pemicu munculnya problem pendidikan, kesehatan, pemenuhan kebutuhan pokok maupun berbagai problem sosial dan lingkungan hidup.  Hal tersebut menjadi lingkaran masalah yang sulit untuk diputus mata rantainya,  karena saling keterkaitan antara problem yang satu dengan yang lainnya.

Bidang pendidikan menjadi bidang yang sangat penting untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Pendidikan anak-anak kurang mampu dalam kerangka investasi pemecahan masalah masyarakat kiranya perlu dipikirkan dan diusahakan bersama oleh segenap stakeholder pembangunan di masyarakat.  Diharapkan dengan pendidikan anak-anak yang baik, nantinya anak-anak dari keluarga kurang mampu tersebut akan bisa berdaya untuk memperbaiki kondisi keluarga, lingkungan maupun bangsanya.

II.        MODEL PENDIDIKAN PILIHAN INOVATIF

Tantangan yang dihadapi generasi anak-anak kita di masa depan semakin berat sehingga dibutuhkan system pendidikan inovatif yang bisa melahirkan generasi yang beriman dan bertaqwa, yang siap menghadapi tantangan jaman, mampu memberi solusi bagi permasalahan masyarakat, mampu menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan ummat yang kredibel, cerdas dan terpercaya.

Terdapat kecenderungan bahwa pendidikan saat ini lebih menekankan pada aspek kognisi atau nilai akademik, telling dan remainding daripada aspek experience / pengalaman dan menemukan sendiri substansi pembelajaran yang inovatif (memahami sebuah fenomena ).

Pendidikan dasar seharusnya lebih menekankan pada pendidikan berkarakter dan life skill (misal kreatifitas, kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, empati dan sportifitas, mental ilmiah/ system thinking, belajar problem solving), sehingga diharapkan di pendidikan lanjutan, anak-anak sudah punya dasar untuk mencari sendiri apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan dirinya. Sistem pendidikan seharusnya juga bisa mewujudkan pendidikan yang utuh, yaitu sasaran pendidikan bukan hanya anak, tapi juga guru, orang tua,  masyarakat dan lingkungan, sehingga lembaga pendidikan yang diciptakan itu menjadi milik dan tanggung jawab guru, orang tua dan masyarakat sebagai satu kesatuan.

Terdapat kecenderungan juga bahwa pendidikan menjadi suatu bidang usaha komersial untuk mencari keuntungan, padahal seharusnya pendidikan menjadi tanggung jawab bersama untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia    ( ada perubahan kearah yang lebih baik). Adanya komersialisasi pendidikan ini membuat arus pemahaman di masyarakat bahwa pendidikan itu memang harus mahal.  Berkualitas ataupun tidak semuanya mahal, dan masyarakat tidak punya pilihan, sehingga mereka terpaksa memilih apa adanya. Kenyataan bahwa system pembiayaan pada sebagian besar sekolah berkualitas belum bisa menjangkau anak-anak yang kurang mampu, memunculkan sebuah gagasan untuk menggalang solidaritas dari seluruh stakeholder pembangunan di masyarakat untuk bisa mewujudkan sekolah berbagi yang berkualitas bagi anak-anak dari seluruh kalangan masyarakat.

 

Untuk itu kami berupaya mewujudkan lembaga pendidikan pilihan, inovatif,  solutif, dan inspiratif dalam institusi pendidikan madrasah ibtidaiyah ( kedepan mudah-mudahan bisa berkembang ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah ). Tekad kami sekaligus untuk bisa mengangkat citra madrasah ini menjadi sebuah institusi pendidikan yang patut diperhitungkan.

Dengan dasar pendidikan agama yang kuat  dalam madrasah, diharapkan juga, bisa mewujudkan karakter spiritual yang lebih mantap dan bisa mewarnai  segala aspek kehidupan seorang anak kelak ketika masanya mereka memegang estafet amanah kepemimpinan bangsa ini .  Adapun pada prinsipnya pendidikan di masa kecil itulah yang akan mudah melekat dalam diri seorang anak.

 

III.       NAMA SEKOLAH

Sekolah ini bernama MADRASAH IBTIDAIYAH MERDEKA SEKOLAH

Blog : https://mimadrasahmerdeka.wordpress.com/

 

IV.       PENJABARAN KONSEP SEKOLAH

Visi

Menumbuhkan anak bersama Al Qur’an, agar berkarakter, kreatif,  cerdas sebagai muslim sejati yang kuat.

 

Misi

–   Menumbuhkan kecerdasan anak

–   Mengembangkan kreatifitas anak

–   Budaya yang ditumbuhkan pada pendidikan berdasarkan budaya Islam.

–   Mendidik anak berdasarkan AlQur’an dan Sunnah Nabi SAW.

–   Melahirkan anak yang berkarakter dan mandiri.

 

Model Pendidikan

Pendidikan merupakan partisipatoris semua orang untuk terlibat dan berbagi.Pendidikan merdeka dalam menentukan pembelajaran.

 

Kurikulum Pendidikan

Kurikulum Departemen Agama RI  :  Kewarganegaraan dan IPS, Matematika,Sains,Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Aqidah Akhlaq, AlQur’an Hadits, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Olahraga

 

Kurikulum Muatan Lokal (Khas Sekolah)

Tilawah Qur,an Metode Ihsan, Tahfidz Al Qur’an dan  Praktek Ibadah

Kurikulum Progresif

Kepemimpinan, Kewirausahaan, Sosial Budaya, Seni dan Kreatif.

Metode Pendidikan

Bermain peran,  proyek, kemasyarakatan dan penelitian.

Kontekstual learning, partisipatoris dan memecahkan masalah.

Ekstra Kurikuler

Melukis, Membatik, Komputer, Teknologi Terapan, Film, Kepanduan dan Tari.

 

V.        LOKASI SEKOLAH

Madrasah Ibtidaiyah Merdeka Sekolah berlokasi di Desa Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

(Untuk sementara sekolah ini diselenggarakan disebuah rumah kontrakan,dan sedang dalam tahap pengadaan lahan dan bangunan sendiri ).

 

VI.       SISTEM PEMBIAYAAN SEKOLAH

Pembiayaan Madrasah Ibtidaiyah Merdeka Sekolah dengan cara berbagi diantara orang tua, dan masyarakat, disamping itu yayasan juga melakukan penggalangan donasi dari pihak-pihak lainnya yang peduli dengan pengembangan pendidikan inovatif, kreatif, solutif dan inspiratif khususnya sekolah yang berbasis agama (Madrasah Ibtidaiyah).

 

VII.     PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

Saat ini Madrasah Ibtidaiyah Merdeka Sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar disebuah rumah kontrakan yang minim fasilitasnya. Oleh karena itu dalam jangka waktu dua tahun yang akan datang MI Merdeka Sekolah  mempunyai program untuk memiliki pusat belajar berupa lahan dan bangunan sendiri, sehingga anak-anak didik lebih leluasa dan lebih nyaman belajar.

 

Susunan Pengurus Yayasan Semesta Langit Biru

Dewan Pendiri

Kepala Sekolah yang Sederhana

 

Tri Aru Wiratno, MSi

Insinyur Mesin Pesawat Yang Berkelas

Ir. Hermanto

 

Enginer Pesawat Yang Mapan

 

Ahmad Romli

Magister Teknik Yang Cool

 

Lutfi Setiawan, MT

Pengajar yang seneng Ngonthel

 

Tanda Setiya, ME

 

Pengurus Yayasan


Dr. Dika Nurmala

Belum Ada Foto

Dokter Yang Pandai Meracik Obat

 

Dr. Baiturahmah

 

Sarjana Psikologi yang Sayang Anak-anak

 

Hj. Istanti Pudji Wahyuni, SPsi

Pemegang Uang Yang Tegas & Handal

 

Umi Rori, ST

Ahli dalam Tata Gerak dan Musik

 

Eni Wiratno


 

 

9 thoughts on “Profile

  1. VISI MI MERDEKA SEKOLAH

    Menumbuhkan anak bersama Al Qur’an, agar BerKaraKter, KrEatif, CeRdas sebagai Muslim SEjati yang KuAt.

    MISI MI MERDEKA SEKOLAH

    * MenDidik Anak BerdasarKan Al Qur’an dan Hadits

    * MeNumBuHkan KeMerDeKaan yang KrEatif dan CeRdas

    * MeNumBuHkan PenDidikan MerDeka Sebagai BuDaya Islam BerKaraKter

  2. Assalamu’alaikum,

    Nama saya iwan saya tinggal di Perum Dasana Bonang saya mencari alamat sekolah merdeka kalau boleh tahu dimana alamat lengkapnya.

    Saya berencana ingin memindahkan anak saya ke sekolah merdeka namun sekarang sudah duduk di kelas I SDN Negeri Kampung Bambu cara apa yang harus saya tempuh karena ternyata mendapat larangan dari pihak sekolah dengan alasan saling menghargai.

    Bagi kami orang tua tidak peduli dengan persaingan antar sekolah, kalau dengan alasan saling menghargai bagaimana sekolah bisa bersaing secara sehat saya perhatikan malah sekolah dengan seenaknya memperkalukan murid karena merasa siswa tidak akan beralih ke sekolah lain.

    Mohon jawaban dan maaf ……. terima kasih

    Wassalamu’alaikum

    • Terimakasih atas attentionnya, MI Merdeka Sekolah alamatnya saat ini di Depan Pom Bensin Medang Lestari atau samping jalan masuk perumahan Pesona Karawaci, sekolahnya berbentuk rumah, dan tepatnya gang dibelakang rumah makan Padang masuk dikit. Silahkan berkunjung kesana, kami akan dengan senang hati menerimanya. Rencana di tahun 2011 (Sekolah akan hijrah ke Bonang, di dekat SMP Muhammadiyah, saat ini sedang proses pembangunan gedung dan tempat belajar.

  3. selamat yach… semoga makin sukses. jangan lupa bagi2 cerita kiat pengalamannya. Ingat keluarga P Lufti dan bu Dika adalah keluarga guru di Kediri.

  4. Terimakasih atas perhatian dan kesempatannya untuk mengunjungi blog sekolah merdeka. Mohon do’anya saat ini sekolah merdeka sedang melakukan pembangunan untuk ruang sekolah dengan konsep saung dan ruang terbuka. Karena selama ini masih ngontrak, alhamdulilah ada yang minjemi uang jadi bisa beli tanah dan nyicil membangun sedikit demi sedikit. Mohon do’a dan nasehatnya demi kebaikan sekolah merdeka kedepan. Saat ini muridnya 68 orang dengan komposisi 28 dhuafa dan yatim sehingga dibebaskan dari infak sekolah. Alhamdulilah ada beberapa temen yang ada kelapangan rezeki untuk menjadi orang tua asuh, sehingga sekolah tetap mendapatkan kontribusi sehingga bisa untuk membiayai operasional sekolah. Sekolah ini memang diabdikan untuk edukasi sosial, dan berupaya untuk memperkenalkan model pendidikan berbasis ruang dengan niat agar anak biar dapat tumbuh bersama al-qur’an. Ok. Semoga nanti di kampung/Kediri bisa ketemu dan cerita-cerita. TK.

  5. kenapa tidak dibuat spanduk at papan nama sekolah di gerbang bonang agar orang lebih luas mengenal “merdeka”. saya sedih terlambat mengenal merdeka setelah anak saya di pindahkan, padahal anak saya butuh sekolah seperti merdeka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s