Merdeka Fair


Merdeka Fair

Pagi itu tanggal 29 April 2012. Sekolah Merdeka nampak beda dengan biasanya. Suasana pagi sudah hiruk pikuk dengan berbagai persiapan-persiapan. Bahkan beberapa hari sebelumnyapun sudah ramai dipersiapkan. Tenda berdiri indah didepan kantor, seluruh ruangan Sekolah Merdeka digunakan dengan penuh. Hari itu ada acara Merdeka Fair. Diawali dengan acara performance anak-anak Merdeka. Mulia dari hafalan ayat-ayat suci al-Qur’an, vocal group Sekolah Merdeka, Terompet Ibu Kita Kartini dan yang paling meriah adalah acara teater terbuka anak Merdeka dengan judul ‘Jangan Berbohong’. Semakin meriah karena dihadiri oleh Orang Tua Siswa, yang nampak antusian menonton tampilan anak-anak merdeka yang benar-benar bebas berkarya.

Setelah acara penampilan anak merdeka dilanjutkan dengan acara Seminar Parenting dengan title ‘Cara Cerdas Mendidik Anak Cerdas Spiritual, Mental, Emosi dan Intelektual” dengan pembicara seorang Motivator kondang ‘Yusef Hilmy’. Acara berlangsung dengan penuh ceria dan keakraban, saking pentingnya masalah bagaimana mendidik anak, maka seusai acarapun para orang tua murid masih banyak berdiskusi dengan narasumber yang penyabar itu. Acara seminar parenting ini memang dicanangkan oleh pihak sekolah merdeka dan yayasan semesta langit biru, untuk memberikan bekal kepada orang tua murid dan guru tentang upaya mewujudkan anak Cerdas Komplit.

Yusef Hilmy dalam Seminar Parenting Merdeka Sekolah

Ketika para orang tua murid sedang khitmad mengikuti acara seminar maka anak-anak merdeka larut dalam lomba Clay Merdeka Fair. Disamping diikuti internal anak merdeka lomba ini juga melibatkan beberapa TK/RA yang berada disekitar Sekolah Merdeka. Semua anak nampak dengan riangnya untuk mengekspresikan cipta karya dalam warna-warninya clay. Tangan merah kuning hijau tambah membuat anak-anak menikmati permainan ini. Mereka tak mempedulikan akan menang atau kalah, yang penting dia bisa bermain sambil berekspresi.

Lomba Clay

Bertepatan dengan acara Merdeka Fair di  ruang kelas tertutup sedang dilangsungkan ujian (eksplorasi kemampuan siswa baru) dengan jenis test psikotest dan Tahsin serta tahfiz. Sementara orang tua murid dilibatkan dengan acara wawancara dengan petugas sekolah untuk membuat komitmen tumbuh bersama untuk mendidik anak-anak kita. Sebelumnya Kepala Sekolah menjamu semua orang tua murid dan berdiskusi tentang berbagai hal yang ada di sekolah merdeka ini. Hal ini penting untuk menyamakan persepsi tentang apa yang ada dan akan terjadi di sekolah merdeka.

Acara akhirnya ditutup dengan rasa bahagia dan gembira oleh semua komponen merdeka, karena hari  ini telah mempu menggelar kegiatan Merdeka Fair. Semoga acara Merdeka Fair kedepan semakin semarak. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s