Selamat Idul Fitri


Segenap Pengurus Yayasan Semesta Langit Biru

&

MI Merdeka Sekolah

Mengucapkan

SELATAN IDUL FITRI

MOHON MA’AF LAHIR DAN BATHIN

One thought on “Selamat Idul Fitri

  1. MENUMBUHKAN PENDIDIKAN BERSAMA

    Sebuah pemahaman tentang pendidikan masih saja pada unsur pemerintah, pengusaha, penguasa, atas nama yayasan dan pribadi. Semua itu mem punyai pemahaman yang bias dalam pendidikan. Karenay pemerintah hanya membuat rakyat menjadi lemah dan mengalami ketergantungan, begitu juga pengusaha pendidikan hanya sebagai tambang uang saja, sedangkan penguasah ingin menguasahi orang lain untuk kepentingan tertentu, sedangkan yayasan yang mulanya sebagai bagian dari kepedulian dari pendidikan berangsur-angsur hanya untuk kepentingan kelompok saja, untuk pribadi setali dua uang hanya untuk usaha atau menampung dana yang tidak jelas. Setidaknya ini yang sangat kentara dalam realitas pendidikan walaupun masih ada melihat pendidikan sebagai bagian dari kepedulian pemerintah dan semua orang.

    Untuk itulah Merdeka Sekolah menjadi sebuah lembaga pendidikan yang mengakomodir sebuah orang untuk mengelolah pendidikan secara lebih baik dan tepat pada kebutuhan semua orang. Artinya Merdeka Sekolah dibangun dalam paradigma pendidikan yang luas. Di mana partisipasi masyarakat, orang tua, pengusaha, tokoh masyarakat, pemerintah dan kelompok lainnnya untuk bisa bekerjasama dalam pendidikan yang tidak terikat pada normativ yang hanya melihat pendidikan yang ada disekolah. Karena buat Merdeka Sekolah pendidikan bukan untuk siswa saja dalam pembelajaran, tapi juga kepala sekolah, guru, orang tua siswa, masyarakat sekitar sekolah, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah dan kelompok masyarakat menjadi bagian pendidikan.

    Kepala sekolah dengan kemampuan dalam mengelolah sekolah secara baik dan tepat guna dalam menepatkan diri sebagai orang yang diamanati oleh semua orang. Guru sebagai fasilitator yang selalu memberikan pendampingan pada siswa untuk bisa mengembangkan diri secara baik dan tepat sasaran. Orang tua yang selalu peduli dalam program pendidikan memberikan kemungkinan untuk bisa mengakselerasi sekolah menjadi sekolah yang lebih familiar, sekolah menjadi rumah kedua bagi setiap orang tua. Begitu juga masyarakat sekitarnya mendapatkan anggota keluar baru dari anak-anak dan lembaga pendidikan di mana aspek pendidikan itu berinterasi dengan masyarakat sekitarnya. Dengan dibangun dialogis dalam proses pendidikan sekolah dan masyarakat. Begitu juga dengan pemerintah atau mengusaha dengan memberikan program yang berkaitan dengan kepedulian sekolah terhadap perusaha yang ada sekitarnya sebagai bagian pemahaman antara satu dengan yang lain, sebagai sebuah proses pembelajaran. Pemerintah dengan sendirinya mendorong pendidikan yang dikembangkan masyarakat menjadi pendidikan yang sejalan dengan pemerintah.

    Dengan begitu pendidikan menjadi sebuah media perubahan sosial yang dibangun oleh sebuah lapisan masyarakat secara paralel dan bersamaan. Sehingga yang terjadi adalah sekolah atau pendidikan yang merubah cara berpikir semua orang. Bukan pendidikan yang terpenjarakan oleh kepentingan ekonomi dan kekuasaan yang selama ini terjadi. Sekolah menjadi Merdeka Sekolah ada sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s