E-RAPORT


E-RAPORT

SEBUAH GAGASAN BARU

E-Raport Bisa Dinikmati Keluarga

Melihat pendidikan bukan lagi dari sebuah raport yang diberikan oleh sekolah pada orang tua murid dan hanya bisa dirasakan oleh anak murid dan orang tuanya. Tapi tidak bisa dirasakan oleh orang lain dan tidak bisa menceritakan bagaimana pengalaman di sekolah. Karena dibatasi dengan angka yang bersifat abstrak, simbol yang tidak mencermikan pengalaman dari sebuah kegiatan belajar pada anaknya. Hal itu yang diceritakan oleh orang tua murid Merdeka Sekolah di dalam sebuah pertemuan komite di dalam membahas program pendidikan bersama orang tua murid.

Seperti apa yang dikatakan Abinya Lutfi ketika mendapatkan E-Raport sangat mengapresiasi gagasan baru ini yang dianggap memperlihatkan perkembangan anak disekolah secara lebih jelas. Karena E-Raport DVD itu mengambarkan aktifitas anaknya di Merdeka Sekolah yang sebelumnya tidak terbayangkan olehnya. Dengan adanya E-Raport bisa melihat kegiatan Merdeka Sekolah dan anaknya ketika sedang belajar di Merdeka Sekolah. Bukan itu saja Lutfi bisa menceritakan pada saudara-saudaranya tentang apa yang dia lakukan Merdeka Sekolah. Begitu juga mengenalkan teman-temannya pada orang tua dan saudara-saudaranya. Mereka menjadi kenal wajah temannya secara lebih dekat melalui E-Raport. Memberikan banyak gambaran dari kegiatan di Merdeka Sekolah, meskipun Merdeka Sekolah masih sederhana tapi gagasan baru mencerminkan pandangan yang maju ke depan untuk bisa melihat perkembangan di masa yang akan datang. Memang Merdeka Sekolah yang berangkat dari sebuah cita-cita dan perjuangan yang tanpa batas ini ingin melihat pendidikan berkembang sesuai dengan detak jatung perkembangan zamannya. Tanpa harus kehilangan identitas diri sebagai seorang muslim yang sejati, untuk memberikan banyak kemungkinan pada kehidupan seseorang dan lingkungannya, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat, bangsa dan dunia pada umumnya. Untuk bisa bergerak sesuai dengan kehidupan manusia yang cinta perdamaian haus akan gagasan untuk memberikan kehidupan yang lebih bermakna bagi dunia dan akherat.

Begitu juga dengan Ummi Bintang yang memberikan empat jempolnya termasuk jempol kakinya. Ini sebuah gambaran bahwa apa yang dilakukan oleh Merdeka Sekolah itu memberikan kemungkinan yang baru. Mungkin disekita sekolah kita yang lain belum ada memakai E-Raport, ini merupakan sebuah gagasan baru yang perlu kita hargai sebagai sebuah upaya Merdeka Sekolah untuk memajukan pendidikan secara lebih baik dan menyeluruh. Karena kita akan bisa melihat perkembangan anak secara lebih baik. Meskipun Merdeka Sekolah sangat sederhana dalam penampilannya. Tapi memberikan gambaran kemajuan yang luar biasa. Karena anak-anak Merdeka Sekolah sudah diajarkan presentasi kedepan dengan mempergunakan in-focus dan note book. Dan sekarang anak-anak kita selain diberikan raport konvesional tapi juga diberikan E-Raport yang berbentuk DVD ini memberikan gambaran sebuah kemajuan kedepan. Untuk selalunya perlu dikembangkan lagi dan perlu adanya perlengkap yang lebih besar lagi.

Hal ini juga yang senada di ungkapkan oleh Ummi Aqhniya dengan menceritakan bahwa apa yang digambarkan melalui foto itu memberikan kemungkinan yang lebih baik. Yaitu sebagai media promosi bagi Merdeka Sekolah. Karena kita memutar DVD bukan untuk kita saja tapi juga orang lain, teman untuk bisa melihat kegiatan anak kita di Merdeka Sekolah. Dengan media visual ini kita lebih mudah melihat perkembangan anak kita secara lebih baik. Karena foto-foto ini sangat bicara dengan berbagai kegiatan yang dilakukannya. Untuk itu saya sangat senang dengan ada E-Raport. Karena kita saya dan anak saya melihat foto-foto itu Aghniya menjelaskan dirinya meskipun hanya terlihat sepatunya, dia bisa menunjukkan bahwa itua adalah fotoku. Sebuah foto yang dapat memberikan gambaran sebuah proses terjadi dan di mana dia melakukannya. Menjadi sebuah indikasi kedekatan seseorang dengan foto tersebut. Hal itu yang terlihat dan tergambar apa yang dikatakan oleh Ummi Aqhniya yang merasakan bahwa ini adalah sebuah gagasan baru dari sebuah raport yang kita pahami sebagai evaluasi belajar dalam bentuk buku, sekarang dalam bentuk DVD yang bisa diputar di mana saja kita inginnya.

Sedangkan Ummi Anggi dengan simpel menanggapi E-Raport ini merasakan senang dan tahu perkembangan anaknya melalui foto-foto yang ada di DVD. Karena buat Ummi Anggi E-Raport itu mengambarkan kedekatan guru dengan anak-anak murid. Dan memberikan perhatian pada anak secara baik. Itu yang bisa dilihat dan dirasakan ketika melihat foto-foto itu di dalam E-Raport. Dengan begitu untuk kedepannya untuk masalah biaya pengembangan dan selanjut tentang E-Raport prinsipnya saya setuju saja selama itu untuk kepentingan anak-anak kita. Karena untuk kedepannya E-Raport Merdeka Sekolah itu memerlukan prasaran yang lebih baik dan mendukung proses belajar mengajar anak-anak.

Kalau Ummi Lulu lebih melihat sebagai sebuah gagasan baru yang Excellen meskipun saya melihat foto-foto itu tidak ada bedanya saya melihat proses belajar yang saya saksikan sendiri. Bagaimana anak saya kalau sedang aksi di Merdeka Sekolah tidak mau diganggu pada hal ketika itu saya minta izin untuk mengajak anak saya karena keperluan sesuatu. Mudah ini menjadi sebuah upaya yang baik dari Merdeka Sekolah di masa akan yang datang, dan memang memerlukan sesuatu yang lebih baik. Mudah-mudah ini menjadi sebuah upayan yang baik dan perlu didukung dengan bersama-sama. Dengan begitu kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan baik untuk perkembangan Merdeka Sekolah. Karena dengan kebersamaan segala permasalahan akan bisa diselesaikan dengan mudah dan baik.

Bagi Abi Fauzi yang pulang kerumah malam hari dan pergi kerja pagi hari ini, sangat menghargai dengan adanya E-Raport. Karena kita akan bisa bila kegiatan anak di Merdeka Sekolah. Mudah-mudah media ini menjadi lebih baik dan berkembang dengan visi sekolah di masa yang akan datang. Kemajuan Merdeka Sekolah sama artinya kemajuan dari anak-anak kita. Untuk itu kerjasama sekolah dengan orang tua murid yang selalu diupayakan. Bahwa gagasan baru E-Raport ini memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak.

Ummi Melvi senada dengan yang lain, semoga Merdeka Sekolah yang sederhana ini menjadi lebih maju dalam segala hal. Untuk memberikan kemungkinan pada anak-anak kita berkembang. Karena dengan adanya E-Raport akan memberikan gambaran mengenai kegiatan anak-anak di Merdeka Sekolah. Karena foto-foto itu memang terlihat alami sekali, seperti apa yang dikatakan oleh kepala Merdeka Sekolah, bahwa apa yang di foto mengenai kegiatan anak-anak dengan begitu saja digambarkan. Seolah-olah mengambarkan bagaimana kegiatan belajar di Merdeka Sekolah.

Itulah intisari dari sebuah tanggapan sebagaian orang tua Merdeka Sekolah mengenai E-Raport itu. Bahwa dengan adanya media visual ini memberikan arti yang terbaik bagi anak-anak. Karena bahasa gambar menjadi sebuah impresi yang kuat bagi anak di dalam melihat dirinya dalam konstelasi kehidupan sekolah dengan teman-temannya. Ketika sedang mengikuti proses belajar bersama guru dan temannya. Sebuah kemungkinan untuk bisa melihat anak-anak dari kaca mata anak-anak di dalam sebuah E-Raport. (T. Aru)

One thought on “E-RAPORT

  1. e-report untuk anak-anakku..

    keseharian kami di sekolah amat menyenangkan mulai dari pertama datang, belajar dan sampai pulang lagi begitu cepat rasanya. betapa tidak keseharian ini ditemani anak-anak yg sungguh menggemaskan, begitu melihat gaya hafidz yang super pecicilan, mendengar celoteh faldan yg tak terduga, senyum manis akrom yang tak kalah dengan senyum aghni, mikail si raja mainan yg selalu dibawanya ke sekolah, bintar si alarem otomatis yg siap selalu mengadukan pd guru begitu melihat temannya yg dirasakan kurang sopan dalam bermain. tuffa yg konsisten belum mau bicara, lyra yg pintar dan dapat menasehati temannya.. fajar yg bingung.. selalu gak tau apa yg mau dikerjakan… dan banyak lagi yg lainnya.

    lalu pak aru punya ide yg ok.. yakni bagaimana kalau kegiatan sekolah yg menyenangkan ini kita dapat bagikan jg kepada orang tua dalam bentuk gambar atau film pendeknya. karena tidak semua orang tua bisa melihat kelucuan dan kehebatan anak-anak kita dalam kegiatan belajar kesehariannya karena harus bekerja.

    anak-anakku.. gambar inilah yang kami sebut e-report. gambarnya memang tidak sebagus fotografer atau kameramen, namun kami berharap ini semua mempunyai arti yang baik ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s