Anak Merdeka Belajar Berenang


Anak Merdeka Berenang

“Ayo Berenang !!!”

 

 

‘Ayo, ayo anak-anak cepat naik mobil kita akan berenang …!’ , himbau bunda Yoyoh berulang-ulang. Anak-anakpun menyambut dengan riangnya. Sambil membawa perbekalan yang telah disiapkan dari rumah anak-anak Merdeka berlarian sambil melompat dan berjeritan. Suasana sekolah amat ramai oleh canda tawa dan riang ceria. Satu persatu anak Merdeka memasuki mobil sekolah yang telah siap mengantarnya ke kolam renang pagi itu. Nampak pula beberapa orang tua dan adik-adik anak Merdeka yang ikut serta dalam acara renang pagi itu. Setelah semua siap dan beres maka mobil sekolah yang dikemudikan oleh pak Jalil itu, berlahan bergerak meninggalkan halaman sekolah Merdeka.

Anak Merdeka Ceria di Air

Anak-anak sebelum berangka ayo kita baca do’a  naik kendaraan dulu yuk, dan tolong Fito yang pimpin untu kali ini !’, intruksi buda Mala kepada Fito. ‘Baik teman-teman, marilah sebelum berangkat ke kolam renang dengan kendaraan mobil, kita baca do’a naik kendaraan dulu supaya selamat di perjalanan hingga kembali ke Merdeka. Do’anya ikuti bacaar dari saya ya…! Bismillaah, Alhamdulillaahi  Subhaanalladzii sakhkharalanaa hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina, wainnaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuun  artinya dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Alloh yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesung-guhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami di hari Kiamat. Amiin.’ Dengan menurutnya anak-anak Merdeka yang di kendaraan itu mengikuti bacaan do’a naik kendaraan dari Fito.

Disamping mobil yang dinahkodai oleh pak Jalil ada satu mobil lagi yang juga berangkat ke kolam ranang, yaitu mobil yang dikendarai oleh anak-anak Merdeka kelas 1, sopirnya pak Rohyat. Mobil itu berjalan beriringan, dengan santai dan ceria anak-anak saling bercerita di dalam mobil, masing-masing memiliki rencana berbeda-beda kala nanti berada di kolam renang. Ada yang pingin berenang ke tengah, ada yang ingin  terjun dari papan luncur, ada juga yang hanya pingin naik ban. Tak ketinggalan juga ada lho anak Merdeka yang belum berani berenang. Namanya Nisa, Nisa nampak diam saja ketika teman-temannya berceria riang tentang kolam renang. Tiba-tiba Jundi menegor Nisa ‘Nisa, kamu nanti renang sama aku ya, enak lho renang ke tempat yang dalem, hii seru deh’. Nisa hanya tersipu-sipu dan menjawab, ‘Ma’af Jun, aku belum bisa berenang. Aku takut kalau kamu ajak berenang ke tempat yang dalam. Aku di tempat yang cetek aja deh’ jawab Nisa polos. ‘O gitu, gak papa. Nanti biar diajari bunda Vivi, ada juga kok anak-anak yang belum bisa berenang. Yang penting Nisa harus berani’ , jelas Jundi secara tegas.

Ajari adik Kelas Berenang

Tak lama berselang akhirnya mobil yang membawa anak Merdeka itu sampai di tujuan, yaitu kolam renang ‘Zam-Zam Pool, dikawasan perumahan muslim ‘ Baitul Ummah”. Anak-anak Merdeka mulai berhamburan menuju loket antrian masuk kolam renang. Disana pak Suryo sudah menunggu dengan membawa tiket masuk, anak-anak berbaris satu-satu dengan bergantian rapi memasuki kolam renang.

Suasana langsung hingar bingar, apalagi pagi itu sudah ada beberapa anak Merdeka yang langsung bersama orang tuanya dulua  datang ke kolam renang. Dalam tempo sekejap suasana anak Merdeka larut dalam indahnya permainan air kolam yang bersih bening. Canda tawa dan kelucuan tumpak dikolam yang ukuran sedang itu. Guru-guru dan orang tua dengan cermatnya mengamati anak-anak belajar berenang, dan sesekali melayani mereka untuk sekedar minum dan lain-lainnya.

Inilah salah satu kegiatan anak Merdeka belajar berolah raga sesuai dengan sunnah Rasululloh SAW.  “Segala sesuatu yang tidak menyebut nama Allah adalah sia-sia atau kelalaian kecuali empat perkara: Berjalannya seseorang diantara dua sasaran (untuk latihan memanah), melatih kuda, bermain-main dengan istrinya dan latihan renang.” (Diriwayatkan oleh ad-Dailami 2/177 dari jalan Salim bin Amr al-Anshari dari paman bapaknya dari Bakr bin Abdillah bin Rabi’ al-Anshari secara marfu’)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s