MEMBUAT ANAK KITA BERANI BICARA DAN BERTANYA


Membuat Anak Kita Berani Bicara dan Bertanya

SANY0052

Pada dasarnya setiap anak (masa kecil) secara natural suka bicara dan bergerak. Bahkan terkadang suka berceloteh dan bicara sendiri (dialog imaginer). Namun apabila ditanya oleh orang lain, atau diminta untuk mengajukan pertanyaan maka disini biasanya muncul kendala-kendala. Anak-anak kita berubah jadi pemalu dan terdiam seribu basa. Hal seperti ini jangan dibiarkan berlarut-larut dan harus dilakukan upaya untuk pembenahan agar anak kita berani bertanya dan bicara didepan orang lain/umum.

Islam mengajarkan supaya berani berbicara didepan ummat

Berani berbicara didepan umum, merupakan modal untuk melangsungkan dakwah. Untuk itu sejak dini Islam mengajarkan  kepada ummatnya untuk berani bicara didepan ummat, karena risalah kenabian untuk dakwah diwariskan kepada ummatnya.

Berikut disajikan hadist Nabi Muhammad SAW berkenaan dengan pentingnya berani bicara didepan umum.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim yang dipaparkan berikut ini. Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya di antara pohon-pohon di padang pasir ada sebuah pohon yang daunnya tidak g

ugur, dan sesungguhnya pohon itu adalah sebagai perumpamaan seorang muslim.

Ceritakan kepadaku apa yang dimaksud pohon itu?” Lalu para sahabat menduga-duga mengenai pohon-pohon padang pasir itu. Dan diriku menduga bahwa pohon yang dimaksud adalah pohon kurma, namun saya merasa malu (mengutarakan). Kemudian para sahabat berkata, ”Ceritakanlah kepada kami, wahai Rasulullah, apa yang dimaksud pohon itu?” Rasulullah menjawabnya sebagai pohon kurma.

Dalam suatu Riwayat Abdullah berkata, ”Lalu saya sampaikan hal itu kepada Umar, lalu beliau berkata, sungguh jika kamu mengatakan bahwa pohon itu adalah pohon kurma, niscaya lebih saya sukai daripada diam saja.” Hadis di atas mengg

ambarkan bentuk dorongan dan motivasi untuk berkompetisi dari Umar kepada anaknya, Abdullah, agar ia berani berbicara di tengah-tengah majelis orang-orang dewasa untuk mengemukakan gagasan di saat mereka sendir

i tidak menemukan solusi terhadap suatu masalah.

Membuat anak berani bicara dan bertanya sejak dini

Berikut disajikan beberapa langkah/cara agar anak kita berani bertanya dan bicara didepan umum sejak dini.

  1. Membiasakan anak-anak pergi ke majelis taklim atau acara sejenis dan mengkondisikannya agar terbiasa menyimak. Setelah itu ajukan pertanyaan kepada mereka seputar hal-hal yang disimak.
  2. Mendampingi anak-anak dalam belajar bersama. Boleh dimulai dengan pengajuan masalah kesulitan belajar di sekolah dari masing-masing anak, atau kita memulainnya dengan mengajukan pertanyaan seputar ilmu yang telah merka dapatkan.
  3. Metode cerita dapat juga digunakan dalam melatih keberanian berbicara pada anak.
  4. Dalam keseharian hendaklah kita memberi perhatian dan bertanya septar perasanaan, kondisi fisik atau masalah lainnya.
  5. Meminta kepada anak untuk memberi komentar dan kritikan atas tindakan yang kita lakukan sehari-hari.

Disamping itu dalam pelaksanaanya ada hal penting yang perlu kita tanamkan, yaitu hendaknya mengetahui konsep berbicara yang benar secara islami, tidak menyinggung perasaan orang lain.

Sedangkan menurut Mom&Kiddie Edisi 20-Tahun II – (19 Mei – 1 Juni 2008) ada 6 langkah untuk menumbuhkan anak berani bertanya yaitu :

  1. Guru dan orang tua jangan bosan memancing bertanya pada anak terlebih dahulu.
  2. Hargai sekecil apapun usaha anak untuk bertanya.
  3. Jangan menyuruh anak untuk diam atau menginterupsi ketika sedang bertanya.
  4. Sebisa mungkin tiap kali anak bertanya guru atau orang tua langsung menjawab pertanyaan tersebut, jangan ditunda-tunda.
  5. Jika guru atau orang tua tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan anak maka ajak anak untuk bersama-sama mencari jawabannya.
  6. Sebisa mungkin guru mengubah cara berkomunikasi dari “perintah” menjadi “ajakan” agar anak ikut terlibat langsung dalam pembahasan materi pelajaran di dalam kelas.

(Abu AMuNaZi)

4 thoughts on “MEMBUAT ANAK KITA BERANI BICARA DAN BERTANYA

  1. Alhamdulillah, informasi ini sangat berguna. Semoga ke depan ada informasi2 lain yang berkenaan dengan tumbuh kembang anak,
    Bisa nggak ditunjukkan reference tentang bagaimana menumbuhkan keberanian pada anak ? Syukron

  2. Merdeka sekolah mengucapkan selamat atas kesembuah aulia yang sudah dua bulan tidak masuk sekolah karena sakit. Sekarang sudah kembali kesekolah dengan semangat dan kegembiraan di dalam belajar. Dan disambut dengan baik oleh teman-temannya. Mudah-mudah sekolah menjadi dunia yang penuh harapan dan perubahan bagi setiap orang dan masyarakatnya untuk selalu peduli dengan pendidikan yang menjadikan anak kita sebagai pemimpin yang baik, sehingga dapat merubah kehidupan masyarakat yang lebih baik di dalam kehidupan rumah tangga dan sosial masyarakatnya. Berimplikasi pada kehidupan bernegara dan berbangsa. Dengan begitu akan mempengaruhi kehidupan dunia pada umumnya. Sehingga Allah akan memberkahi kita semua sebagai umat Islam yang selalu komintment pada masalah sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s