MI Merdeka Sekolah


menari

MODEL PENDIDIKAN INOVATIF

Tantangan yang dihadapi generasi anak-anak kita di masa depan semakin berat sehingga dibutuhkan system pendidikan inovatif yang bisa melahirkan generasi yang beriman dan bertaqwa, yang siap menghadapi tantangan jaman, mampu memberi solusi bagi permasalahan masyarakat, mampu menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan ummat yang kredibel, cerdas dan terpercaya.

Terdapat kecenderungan bahwa pendidikan saat ini lebih menekankan pada aspek kognisi atau nilai akademik, telling dan remainding daripada aspek experience / pengalaman dan menemukan sendiri substansi pembelajaran yang inovatif (memahami sebuah fenomena ).

Pendidikan dasar seharusnya lebih menekankan pada pendidikan berkarakter dan life skill (misal kreatifitas, kemandirian, tanggung jawab,kejujuran, empati dan sportifitas, mental ilmiah/ system thinking, belajar

problem solving), sehingga diharapkan di pendidikan lanjutan, anak-anak sudah punya dasar untuk mencari sendiri apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan dirinya.

Sistem pendidikan seharusnya juga bisa mewujudkan pendidikan yang utuh, yaitu sasaran pendidikan bukan hanya anak, tapi juga guru, orang tua,  masyarakat dan lingkungan, sehingga lembaga pendidikan yang diciptakan itu menjadi milik dan tanggung jawab guru, orang tua dan masyarakat sebagai satu kesatuan.

Terdapat kecenderungan juga bahwa pendidikan menjadi suatu bidang usaha komersial untuk mencari keuntungan, padahal seharusnya pendidikan menjadi tanggung jawab bersama untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia    ( ada perubahan kearah yang lebih baik). Adanya komersialisasi pendidikan ini membuat arus pemahaman di masyarakat bahwa pendidikan itu memang harus mahal.  Berkualitas ataupun tidak semuanya mahal, dan masyarakat tidak punya pilihan, sehingga mereka terpaksa memilih apa adanya. Kenyataan bahwa system pembiayaan pada sebagian besar sekolah berkualitas belum bisa menjangkau anak-anak yang kurang mampu, memunculkan sebuah gagasan untuk menggalang solidaritas dari seluruh stakeholder pembangunan di masyarakat untuk bisa mewujudkan sekolah berbagi yang berkualitas bagi anak-anak dari seluruh kalangan masyarakat.

Untuk itu kami berupaya mewujudkan lembaga pendidikan pilihan, inovatif,  solutif, dan inspiratif dalam institusi pendidikan madrasah ibtidaiyah ( kedepan mudah-mudahan bisa berkembang ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah ). Tekad kami sekaligus untuk bisa mengangkat citra madrasah ini menjadi sebuah institusi pendidikan yang patut diperhitungkan.

Dengan dasar pendidikan agama yang kuat  dalam madrasah, diharapkan juga, bisa mewujudkan karakter spiritual yang lebih mantap dan bisa mewarnai  segala aspek kehidupan seorang anak kelak ketika masanya mereka memegang estafet amanah kepemimpinan bangsa ini .  Adapun pada prinsipnya pendidikan di masa kecil itulah yang akan mudah melekat dalam diri seorang anak.

NAMA SEKOLAH

Sekolah ini bernama MADRASAH IBTIDAIYAH MERDEKA SEKOLAH

PENJABARAN KONSEP SEKOLAH

Visi

Menumbuhkan anak bersama Al Qur’an, agar berkarakter, kreatif,  cerdas sebagai muslim sejati yang kuat.

Misi

–   Menumbuhkan kecerdasan anak

–   Mengembangkan kreatifitas anak

–   Budaya yang ditumbuhkan pada pendidikan berdasarkan budaya Islam.

–   Mendidik anak berdasarkan AlQur’an dan Sunnah Nabi SAW.

–   Melahirkan anak yang berkarakter dan mandiri.

Model Pendidikan

Pendidikan merupakan partisipatoris semua orang untuk terlibat dan berbagi.Pendidikan merdeka dalam menentukan pembelajaran.

Kurikulum Pendidikan

Kurikulum Departemen Agama RI  :  Kewarganegaraan dan IPS, Matematika,Sains,Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Aqidah Akhlaq, AlQur’an Hadits, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Olahraga

Kurikulum Muatan Lokal (Khas Sekolah)

Tilawah Qur,an Metode Ihsan, Tahfidz Al Qur’an dan  Praktek Ibadah

Kurikulum Progresif

Kepemimpinan, Kewirausahaan, Sosial Budaya, Seni dan Kreatif.

Metode Pendidikan

Bermain peran,  proyek, kemasyarakatan dan penelitian.

Kontekstual learning, partisipatoris dan memecahkan masalah.

Ekstra Kurikuler

Melukis, Membatik, Komputer, Teknologi Terapan, Film, Kepanduan dan Tari.

LOKASI SEKOLAH

Madrasah Ibtidaiyah Merdeka Sekolah berlokasi di Desa Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

(Untuk sementara sekolah ini diselenggarakan disebuah rumah kontrakan,dan sedang dalam tahap pengadaan lahan dan bangunan sendiri ).

SISTEM PEMBIAYAAN SEKOLAH

Pembiayaan Madrasah Ibtidaiyah Merdeka Sekolah dengan cara berbagi diantara orang tua, dan masyarakat, disamping itu yayasan juga melakukan penggalangan donasi dari pihak-pihak lainnya yang peduli dengan pengembangan pendidikan inovatif, kreatif, solutif dan inspiratif khususnya sekolah yang berbasis agama (Madrasah Ibtidaiyah).

6 thoughts on “MI Merdeka Sekolah

  1. Merdeka Sekolah sebuah tempat pendidikan di mana tahuan pertama dalam pendidikan untuk mengorganisir sistem pendidikan sekolah yang mempunyai tujuan dengan segala kemampuan yang ada untuk bisa mewujudakan pendidikan yang lebih baik dalam materi pembelajaran, pengelolahan pendidikan bersama orang tua dan masyarakat sebagai satu kesatuan dari sebuah pendidikan masyarakat dan bangsa pada umumnya. Bahwa pendidikan bukan hanya ada obyek dan subyek. Tapi bagaimana keduanya itu menjadi satu kesatuan di dalam proses pengembangan pendidikan yang terpadu dan menyeluruh. Sehingga memberikan kemungkinan yang seluas-luasnya pada setiap orang mempunyai peranan aktif di dalam pendidikan. Hanya saja setiap orang yang memahami mekanisme kerja sebuah pendidikan sehingga tidak akan menghambat sistem pendidikan yang sedang dijalan sekolah sebagai sebuah upaya akselerasi dari pendidikan.
    Dengan terorganisir pendidikan yang baik akan memberikan kemungkinan pada pendidikan itu sendiri berjalan sesuai dengan apa yang menjadi sebuah tujuan dari pendidikan. Dengan membangun suasana pendidikan yang menyenangkan, menimbulkan rasa aman dan menghilangkan prasangka yang berlebihan terhadap sesuatu hal yang menyangkut pendidikan. Suasana yang aman dan menyenangkan membangun sebuah potensi semua orang untuk selalu berbuat lebih baik sesuai dengan mekanisme pendidikanyang menjadi mediasi setiap orang. Dengan begitu akan menjadi pendidikan itu berkembang karena dukungan semua orang. Kemajuan pendidikan bukan karena seseorang tetapi peranan semua orang untuk mau berperan serta dalam mengembangan pendidikan.
    Sikap dan prilaku yang baik dalam wujud untuk saling berbagi menjadi sebuah kunci dari mekanis organisasi yang selalu ingin dikembangkan bersama. Karena hal itu menjadi sebuah keinginan semua orang. Di mana semua orang itu mengacu pada pemahaman agama yang baik tentang berbagi dengan sesama. Karena dengan berbagi berarti meningkatkan derajat setiap orang untuk selalu berperan serta dalam pengembangan pendidikan. Selain berbagi dengan berzakat, infaq dan sadakah itu menjadi proses pembersikan diri seseorang untuk bisa menambahkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah Swt. Dan menambahakan rezeki baik harta maupun kebahagian hidup ini yang begitu sulit dan penuh persoalan. Berbagi itu juga menumbuhkan ruh jihad di dalam menghadapi hidup ini yang penuh dengan permasalahan dan tantangan yang begitu dasyat. Sehingga sejata utama yang paling mutahir dalam kehidupan ini adalah berjual beli dengan Allah, karena tidak pernah akan rugi. Tapi berutung berlibat ganda dengan apa yang kita miliki sekarang.
    Dengan kehidupan yang begitu kejam dan tidak berperi kemanusiaan ini. Membuat setiap orang mengalami kekalahan yang begitu menjakitkan sampai mengujam kedalam jiwa yang paling dalam. Berbagi dalam bentuk zakat, infaq dan sadakah itu menjadi dunia itu lebih mudah dikuasai, lebih mudah mengerti semua orang, lebih tahu jalan keluar disetiap permasalahan yang kita hadapi dalam hidup ini. Membuat kita selalu tersenyum di dalam menghadapi permasalahan yang paling pahit dan menyakitkan hulu hati kita yang paling dalam. Karena berbagi sama artinya kita mencintai kehidupan dunia dan akhirat. Membuat kita menjadi orang yang selalu berpikir tentang kehidupan itu menjadi lebih panjang dan bermakna. Sehingga kita terlihat cerdas, berani dan penuh percaya diri. Karena apa yang kita laku dengan berbagi itu adalah kunci kehidupan yang harus kita buka disetiap pintu yang kita lalu. Agar pintu kehidupan itu selalu terbuka dan memberikan perspektif yang lebih baik dan lebih luas sehingga kita bisa memutuskan apakah itu bisa dilakukan atau tidak.
    Waktu tidak lama bagi kehidupan manusia apa yang membuat waktu itu menjadi lebih lama dan panjang dalam kehidupan kita saat ini adalah dengan berbagi. Karena berbagi adalah realitas kehidupan dunia akhirat yang selalu membawa kita pada cara pandangan yang lebih nyata dalam kehidupan ini. Dibandingkan kita mengumpulkan harta didunia ini adalah mimpi yang sekejam akan hilang begitu saja. Tak ada lagi arti bagi kehidupan ini selain pada berbagi yang menjadi semaian cinta pada Allah.

  2. Merdeka Sekolah sebuah tempat pendidikan di mana tahuan pertama dalam pendidikan untuk mengorganisir sistem pendidikan sekolah yang mempunyai tujuan dengan segala kemampuan yang ada untuk bisa mewujudakan pendidikan yang lebih baik dalam materi pembelajaran, pengelolahan pendidikan bersama orang tua dan masyarakat sebagai satu kesatuan dari sebuah pendidikan masyarakat dan bangsa pada umumnya. Bahwa pendidikan bukan hanya ada obyek dan subyek. Tapi bagaimana keduanya itu menjadi satu kesatuan di dalam proses pengembangan pendidikan yang terpadu dan menyeluruh. Sehingga memberikan kemungkinan yang seluas-luasnya pada setiap orang mempunyai peranan aktif di dalam pendidikan. Hanya saja setiap orang yang memahami mekanisme kerja sebuah pendidikan sehingga tidak akan menghambat sistem pendidikan yang sedang dijalan sekolah sebagai sebuah upaya akselerasi dari pendidikan.
    Dengan terorganisir pendidikan yang baik akan memberikan kemungkinan pada pendidikan itu sendiri berjalan sesuai dengan apa yang menjadi sebuah tujuan dari pendidikan. Dengan membangun suasana pendidikan yang menyenangkan, menimbulkan rasa aman dan menghilangkan prasangka yang berlebihan terhadap sesuatu hal yang menyangkut pendidikan. Suasana yang aman dan menyenangkan membangun sebuah potensi semua orang untuk selalu berbuat lebih baik sesuai dengan mekanisme pendidikanyang menjadi mediasi setiap orang. Dengan begitu akan menjadi pendidikan itu berkembang karena dukungan semua orang. Kemajuan pendidikan bukan karena seseorang tetapi peranan semua orang untuk mau berperan serta dalam mengembangan pendidikan.
    Sikap dan prilaku yang baik dalam wujud untuk saling berbagi menjadi sebuah kunci dari mekanis organisasi yang selalu ingin dikembangkan bersama. Karena hal itu menjadi sebuah keinginan semua orang. Di mana semua orang itu mengacu pada pemahaman agama yang baik tentang berbagi dengan sesama. Karena dengan berbagi berarti meningkatkan derajat setiap orang untuk selalu berperan serta dalam pengembangan pendidikan. Selain berbagi dengan berzakat, infaq dan sadakah itu menjadi proses pembersikan diri seseorang untuk bisa menambahkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah Swt. Dan menambahakan rezeki baik harta maupun kebahagian hidup ini yang begitu sulit dan penuh persoalan. Berbagi itu juga menumbuhkan ruh jihad di dalam menghadapi hidup ini yang penuh dengan permasalahan dan tantangan yang begitu dasyat. Sehingga sejata utama yang paling mutahir dalam kehidupan ini adalah berjual beli dengan Allah, karena tidak pernah akan rugi. Tapi beruntung berlibat ganda dengan apa yang kita miliki sekarang.
    Dengan kehidupan yang begitu kejam dan tidak berperi kemanusiaan ini. Membuat setiap orang mengalami kekalahan yang begitu menjakitkan sampai mengujam kedalam jiwa yang paling dalam. Berbagi dalam bentuk zakat, infaq dan sadakah itu menjadi dunia itu lebih mudah dikuasai, lebih mudah mengerti semua orang, lebih tahu jalan keluar disetiap permasalahan yang kita hadapi dalam hidup ini. Membuat kita selalu tersenyum di dalam menghadapi permasalahan yang paling pahit dan menyakitkan hulu hati kita yang paling dalam. Karena berbagi sama artinya kita mencintai kehidupan dunia dan akhirat. Membuat kita menjadi orang yang selalu berpikir tentang kehidupan itu menjadi lebih panjang dan bermakna. Sehingga kita terlihat cerdas, berani dan penuh percaya diri. Karena apa yang kita laku dengan berbagi itu adalah kunci kehidupan yang harus kita buka disetiap pintu yang kita lalui. Agar pintu kehidupan itu selalu terbuka dan memberikan perspektif yang lebih baik dan lebih luas sehingga kita bisa memutuskan apakah itu bisa dilakukan atau tidak.
    Waktu tidak lama bagi kehidupan manusia apa yang membuat waktu itu menjadi lebih lama dan panjang dalam kehidupan kita saat ini adalah dengan berbagi. Karena berbagi adalah realitas kehidupan dunia akhirat yang selalu membawa kita pada cara pandangan yang lebih nyata dalam kehidupan ini. Dibandingkan kita mengumpulkan harta didunia ini adalah mimpi yang sekejap akan hilang begitu saja. Tak ada lagi arti bagi kehidupan ini selain pada berbagi yang menjadi semaian cinta pada Allah.

  3. Merdeka adalah bagian dari kehidupan manusia yang selama dia masih istiqomah pada nilai keimanan dan ketaqwaan pada Allah Swt. Membuat hidup ini menjadi lebih mudah dan tidak terkalahkan dengan apapun. Karena itu menjadi sesuatu yang tidak lagi menjadi bagian dari kehidupan yang dapat mempengaruhinya

  4. Biarkan hidup itu selalu mengulangi segala permasalahan namun kita tetap selalu berdo’a dan berusahan untuk sebuah pendidikan yang lebih nyata. Nyata dalam pengertian sebagai pendidikan perubahan bukan pendidik materi. Sekolah bukan lahan bisnis tapi lahan perjuangan untuk mencari ridho Allah. Dengan ridho Allah itu rezeki dan kekayaan Allah yang akan mengukurnya.

    • Terimakasih ya ananda Lulu sudah kirim commandnya. Sebenernya kreatif dibanyakin supaya anak-anak jadi kreatif, nah kalau kreatif jadi pinter…., oke nanti disampaikan ke pak Aru ya, sayang….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s